Rabu, 08 September 2010

MERENTES JALAN MENUJU STT WALTER POST YANG KUAT DAN MANDIRI

Sekolah Tinggi Teologi Walter Post Jayapura berdiri pada tahun 1986 sebagai salah satu Perguruan Tinggi Teologi di Tanah Papua yang berjasa menyediakan para pengerja gereja dan masyarakat untuk melayani di seluruh nusantara. Pada tahun itu STT Jaffray Ujung Pandang membuka program baru yang dikenal dengan Program Kuliah Jarak Jauh (PKJJ) untuk memperluas jangkauan pelayanannya ke kota-kota sekitar Ujung Pandang dan ke pulau-pulau lain di Indonesia. Program kuliah ini disambut baik dan dimanfaatkan oleh Pimpinan gereja Kemah Injil Irian Jaya pada waktu itu. Kebetulan pada saat itu Pdt. Yosia Tebay, S.Th sebagai Ketua Sinode sedang bergumul untuk menghadirkan Sekolah Tinggi Teologi di Papua dalam rangka memenuhi kebutuhan pengkaderan tenaga pengerja gereja. Langkah pertama yang ditempuh adalah menyelengarakan Kuliah Jarak Jauh tadi di kota Jayapura. Kebutuhan lembaga pendidikan tinggi di bidang teologi itu kemudian dibicarakan dalam Konferensi Gereja Kemah Injil di Pyramid yang berangsung dari 12-17 September 1986. Keputusan yang diambil adalah memulai suatu Sekolah Tinggi Teologi untuk Wilayah Irian Jaya yang kemudian diberi nama STT Walter Post Jayapura, disingkat STT-WPJ.

Bulan April tahun 1987, Pdt.Benny Giay yang tadinya adalah dosen STT Jafray Ujung Pandang, mengambil beban untuk merealisasikan apa yang telah disepakati pada Konferensi Pyramid tersebut dengan bermodalkan semangat dan iman kepada janji Tuhan “.....Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman (Matius 28:20)”. Pada saat STT WPJ ini dibuka, ia hanya mempunyai satu orang dosen tetap dan tiga orang dosen tidak tetap serta dua orang pegawai. Setahun kemudian dosen tetap bertambah menjadi tiga orang. Demikianlah tahun demi tahun tenaga dosen terus bertambah sehingga tahun ajaran 2007/2008, STT WPJ mempunyai 12 orang dosen tetap dan 25 orang dosen tidak tetap, 5 orang pegawai kantor serta 2 orang pegawai perpustakaan. Lembaga ini sedang menjalankan diploma III (D3) Teologi dan Pendidikan Agama Kristen serta startum satu (S1) Teologi/Kependetaan dan Pendidikan Agama Kristen. Selain itu STT Walter Post juga menyediakan kesempatan belajar bagi masyarakat dengan progaram studi Gereja Masyarakat (Sosiologi Agama) dan Pendidikan Kristen untuk stratum dua (S2) serta program stratum tiga (S3) Sejarah Gereja dan Budaya Papua sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.

Pengalaman petualangan STT WPJ selama 23 tahun ini juga mempunyai cerita tersendiri. STT Walter Post Jayapura memulai proses belajar mengajar pada tahun pertama dengan menggunakan gedung ibadah jemaat Baithesda Abepura. Dalam tahun 1988 STT WPJ pindah dan menggunakan kompleks STA Ruland Lessnusa di Abepura karena sekolah tersebut pindah ke Puspigra Kampung Harapan. Tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 1991, STT Walter Post Jayapura pindah lagi ke Puspigra Kampung Harapan yang nantinya telah dijadikan kampus dua bagi STT Walter Post Jayapura. Dan sejak tahun ajaran 1999/2000, STT WPJ menempati kompleks milik sendiri di Pos 7 Sentani, Kabupaten Jayapura sebagai kampus utama yang dihibahkan oleh The Christian Missionary Alliance (CMA) pada tahun 2003.

STT Walter Post Jayapura kini telah menjadi salah satu Sekolah Tinggi Teologi di Tanah Papua yang telah memiliki Keputusan Menteri Republik Indonesia Nomor 358 Tahun 1999 tentang Pemberian Status Terdaftar Program Stratum Satu (S1) yang ditetapkan pada tanggal 22 Juli 1999. Dengan keputusan itu kemudian mengantarkan Perguruan Tinggi Teologi ini dalam suatu keputusan baru Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakt Kristen Departemen Agama RI tentang Pemberian Status DIAKUI untuk program Startum Satu (S1) Jurusan Teologi/Kependetaan pada Sekolah Tinggi Teologi Walter Post Jayapura Papua dengan Nomor : DJ.III.Kep/HK.00.5/7/253/2007, yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 15 Januari 2007. Dengan demikian lembaga ini meletakan dasar hukum yang jelas untuk mewujudkan visi dan misi STT Walter Post Jayapura yakni STT WP hadir dengan visi bagi Kerajaan Allah dan misinya untuk menyebarluaskan nilai-nilai Injil Kerajaan Allah itu kepada suku, bangsa dan bahasa.

Dengan anugerah Tuhan, STT Walter Post Jayapura sudah genap berusia 23 Tahun dan telah menghasilkan lebih dari 546 orang sarjana yang sedang mengabdi di seluruh tanah air. Lembaga Teologi ini kini sedang menyiapkan diri untuk diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dalam 5 tahun yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar